Tips Perawatan Kulit saat Hamil

Seorang ibu hamil perlu menjaga kesehatan saat hamil serta rutin melakukan perawatan kecantikan kulit. Untuk itulah tips perawatan kulit saat hamil perlu disajikan untuk memandu anda yang ingin merawat kulit saat hami.

Tips Perawatan Kulit saat Hamil – Perawatan kulit pada saat kehamilan juga sangat diperlukan, tapi anda harus fokus pada dasar-dasar perawatannya. Berikut beberapa tips melakukan perawatan kulit saat hamil :

Tips Perawatan Kulit saat Hamil

1. Membersihkan Kulit Wajah

Pertama mulailah dengan membersihkan kulit dengan pembersih wajah yang tidak mengandung residu atau mengandung gliserin. Jika kulit anda kering lebih baik membasuh kulit menggunakan pembersih yang tidak mengandung sabun dan gunakan pembersih yang lembut serta melembabkan kulit. Bersihkan wajah jangan lebih dari 2x sehari supaya tidak membuat kulit menjadi kering.

2. Melembabkan Kulit dan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Gunakan pelembab yang mengandung SPF 15 dan perlindungan terhadap UVA dan UVB selama perawatan. Peningkatan hormon memicu peningkatan jumlah sel-sel pigmen saat kehamilan yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat di wajah atau di sebut topeng wajah saat hamil. Gunakanlah tabir surya saat hujan maupun tidak supaya terhindar dari perubahan warna kulit. Selain itu gunakan juga tabir surya yang aman untuk Ibu hamil saat ingin bepergian keluar di bawah terik matahari atau di pantai.

Tips Perawatan Kulit Saat Hamil

Gambar Shutterstock

3. Jerawat dan Minyak di Wajah

  • Usahakan mencuci wajah 2x dalam sehari, milk cleanser atau pembersih wajah yang ringan sangat cocok digunakan saat kehamilan. Gunakan air hangat saat membersihkan dan membilasnya, lakukanlah secara lembut saat mengusap wajah anda.
  • Apabila anda menggunakan minyak rambut, lindungilah wajah anda supaya tidak terkena rambut yang berminyak tersebut.
  • Jika rambut anda sering terpapar ke wajah anda, usahakan mengubah gaya rambut sehingga tidak selalu terpapar ke wajah.
  • Hindarilah memegang, meremas, dan memijat jerawat karena bisa meyebabkan bertambah banyaknya jerawat, membekas, dan mengakibatkan infeksi serta menyebabkan terjadinya jaringan parut.
  • Apabila anda menggunakan kosmetik, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air, dan noncomedogenic.
  • Gunakan obat-obatan yang alami jika anda ingin mengkonsumsi obat-obatan untuk perawatan butuh anda saat kehamilan. Seperti masker bengkoang yang diparut, masker apel, masker telur, madu, dll. Tapi jika anda ingin menggunakan obat-obatan kimia sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Karena obat jeraawat rawan terhadap kesehatan Ibu hamil dan janinnya.

4. Makeup Cepat dan Mudah

Makeup yang tipis akan lebih baik dan tidak terlalu merepotkan apalagi saat hamil. Gunakan makeup yang cepat dan mudah, yang anda gunakan untuk wajah terbaik anda. Seperti foundation yang berfungsi menyamarkan noda hitam, kerutan dan memberika warna pada kulit. Pensil chubby, benda yang mudah digunakan untuk memberi rona pada bibir, alis, mata, pipi, dan begitu mudah dibawa saat bepergian. Serta gunakan lipstik yang mengandung pelembab, dan tabir surya supaya tidak mengeringkan bibir anda. Yang terakhir adalah maskara yang mudah di hapus dan anti air maka anda akan siap melakukan aktifitas sehari-hari.

5. Berhati-hati dalam Menggunakan Kosmetik

Konsultasikan selalu ke dokter jika anda ingin memakai obat-obatan atau kosmetik yang ingin anda pakai ketika anda hamil, periksa tata cara menggunakannya apakah itu bahan yang aman untuk kehamilan atau malah berbahaya. Periksa juga bahan-bahan dasarnya, apakah berbahaya atau tidak. Untuk obat-obatan lebih baik Ibu hamil menggunakan obat-obatan yang alami. Ibu hamil perlu berhati-hati untuk menggunakan kosmetik, karena bisa membahayakan Janin yang ada di dalam kandungan anda.

Sekian panduan tips perawatan saat hamil, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mengandung buah hati.