Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil – Ibu hamil akan diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa yakni ketika sudah dijalankan test pemeriksaan dan telah dinyatakan sehat. Tentunya, Ibu Hamil dalam menjalankan puasa ramadhan ini juga akan sangat berbeda dengan saat ibu hamil tidak sedang hamil. Diperlukan juga tips-tips khusus supaya puasa yang dijalankannya benar-benar menjadi sebuah ibadah serta mendapatkan pahala dan barokah.

Nah, bagi Anda ibu yang tengah mengandung atau sedang hamil, kami mempunyai kiat-kiat khusus atau disebut juga dengan Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil yang dapat Anda praktekkan dirumah. Tips dan kiat khusus yang akan kami berikan untuk Ibu Hamil, tentu akan sangat berguna bagi ibu ibu hamil entah hamil muda atau mungkin hamil tua.

Dengan berpuasa, tak hanya manusia dewasa melainkan ibu hamil juga tentu akan mendapatkan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan tubuh. Langsung saja mari kita simak ulasan Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil berikut ini :

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil

  • Ketika Sahur

  • Usahakan untuk memilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup. Kedua jenis zat gizi ini dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari. Ada baiknya ibu hamil banyak untuk konsumsi daging. Karena daging adalah makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi.
  • Usahakan untuk konsumsi makanan yang kaya vitamin C dan mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh.
  • Disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak lemas dan cepat merasa lapar akibat insulin shock.
  • Ketika Berpuasa

  • Jalani puasa dengan niat dan tekad yang bulat dan ikhlas agar hari-hari berpuasa terasa ringan dan membahagiakan meski sedang hamil.
  • Cukup istirahat. Bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istirahat sebelumnya.
  • Kurangi porsi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra, misalnya aktivitas di lapangan atau pikiran yang berat-berat. Sedapat mungkin hindari stres dan
    buang jauh kebiasaan/dorongan untuk marah.
Segeralah Batalkan Puasa Jika :

1. Muntah-muntah lebih dari 3 kali.

2. Mengalami diare yg juga dibarengi dengan rasa mulas dan melilit

3. Mengalami Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah, karena itu pertanda kondisi tubuh sudah tidak stabil

4. Lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang, karena itu sebuah pertanda hipoglikemia dan dikhawatirkan janin akan mengalami kekurangan gizi.

5. Mengalami keringat berlebih khususnya keringat dingin.

  • Ketika Berbuka

  • Usahakan untuk megawali berbuka dengan minuman hangat dan manis untuk meningkatkan kadar gula darah, dan hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung.
  • Lanjutkan dengan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat simpleks sehingga lebih mudah diserap tubuh, seperti kolak atau  kurma.
  • Makanlah dengan porsi yang lebih besar dari sebelumnya usai shalat maghrib, dan jangan langsung kalap. Makan dalam jumlah besar bisa membuat tubuh Anda lemas. Karena itu, makan secukupnya saja. Sehabis salat tarawih, usahakan untuk makan walau hanya sedikit.
  • Sebelum tidur, cobalah makan makanan ringan dengan minuman hangat, hal ini berguna untuk memproses produksi ASI,

Itulah sekilas tentang Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil. Karena ibu hamil menjadi insan yang khusus dalam berpuasa agar sang bayi dalam kandungan selalu dan tetap sehat dan tidak kekuangan gizi. Jika bayi sehat, ibu hamil pun senang menyapanya saat keluar nanti.  😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *