Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Baik

Posisi Tidur Ibu Hamil – Ibu hamil muda bisa tidur dengan posisi apa saja terserah bund. a asalkan itu nyaman karena perutnya belum membesar pada trimester awal. Tapi saat trimester kedua Ibu hamil mulai merasa cemas karena kondisi perutnya yang semakin hari semakin membesar.

Seharusnya bunda tidak perlu khawatir karena wanita diciptakan oleh-Nya begitu unik sehingga perut bunda bisa melindungi janin yang dikandungnya dan selalu merasa nyaman didalam perut karena keberadaan janin tersebut mengapung dalam cairan ketuban serta mempunyai ruangan tersendiri untuk terus bergerak lepas. Tetapi Ibu hamil juga perlu berhati-hati dalam memilih posisi tidur yang benar. ( Baca : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda)

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil

Dibawah akan kita simak bahagiamana posisi tidur Ibu hamil muda, sebagai berikut:

1. Posisi Tengkurap

Posisi tengkurap ini cukup nyaman untuk Ibu hamil muda khususnya. Tetapi, setelah kehamilan trimester pertama karena terjadinya payudara yang membesar dan rangsangan payudara yang begitu sensitif jadi menimbulkan ketidaknyamanan untuk posisi terngkurap ini. Apalagi tidur dengan posisi ini akan sangat tidak nyaman saat kehamilan berusia 14 minggu karena semakin membesar bunda harus menyokong paha dengan bantal supaya dapat tidur dengan posisi tengkurap.

2. Posisi Terlentang

Posisi tidur terlentang tidak dianjurkan karena berbahaya bagi tubuh anda, karena posisi terlentang ini meletakan seluruh berat rahim kebelakang, vena cava inferior, dan usus. Akibat dari tidur terlentang adalah wasir, meningkatkan resiko sakit pinggang, sirkulasi dan gangguan pencernaan. Tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga akan menyebabkan penurunan darah yang membuat bunda merasa pusing ada yang malah meningkatkan tekanan darah. Sangat tidak dianjurkan tidur dengan posisi terlentang karena bisa memicu peningkatan tekanan darah tinggi. Jadi buat bunda kalau bisa menghindari tidur dengan posisi terlentang saat kehamilan.

3. Posisi Miring

Sampai sekarang belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman buat ibu hamil. Tapi posisi yang paling sangat dianjurkan untuk tidur untuk Ibu hamil setelah kehamilan yang ke 16 minggu adalah dengan posisi tidur miring. Sebaiknya tidurnya juga miring ke sebelah kiri karena posisi ini sangat menguntungkan bagi bayi anda untuk mendapatkan aliran darah serta nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena cava inferior dibagian belakang sebelahnya kana svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah sampai ke jantung. Dapat juga membantu ginjal untuk membuang sisa cairan dan produk dari tubuh Ibu sehingga mengurangi pembengkakkan pada tangan, pergelangan kaki, dan kaki.

Bunda bisa membalikan badan dengan tidur miring kekanan kekiri supaya tetap merasa nyaman saat, karena tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan juga baik untuk Ibu hamil. Apabila bunda saat bangun tengah malam tapi tenyata posisi bunda saat terbangun tertentang tidak masalah kok, karena itu tidak mencelakai bayi anda. Tinggal kembali saja keposisi miring ke kanan apa ke kiri sesuka bunda. ( Baca : Tanda Tanda Kehamilan Seminggu)

Ibu hamil akan sering terbangun tengah malam saat tidur karena perut yang semakin membesar yang disertai kram, kontraksi palsu, sering buang air kecil, rasa asem lambung dan bayi yang menendang perut. Sedikit saran supaya bisa tidur dengan posisi miring yang nyaman adalah letakan bantal di antara dengkul bunda dan satu bantal lagi di punggung bunda. Bisa juga bunda membeli bantal yang khusus untuk Ibu hamil. Saran : Makanan yang Mengandung Asam Folat.

Kurang lebihnya begitu posisi yang aman untuk Ibu hamil dan juga bayinya. Jadi yang paling disarankan untuk posisi tidur yang aman saat hamil adalah posisi miring ke kiri. Karena Ibu  dan bayi sama-sama merasakan manfaatnya. Sekian artikel ini semoga bermanfaat bagi pembacanya. Terimakasih  :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *