Penyebab Kurangnya Nafsu Makan dan Faktor-faktornya

Penyebab Kurangnya Nafsu Makan – Dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa sering mengalami masalah yang berhubungan dengan hilangnya nafsu makan, permasalahan tersebut akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan diri kia sendiri. Tubuh kita yang memerlukan energi saat kita beraktifitas, dengan kurangnya nafsu makan ini akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemah, letih, dan lesu. Bagi anda sekarang yang baru dalam program menambah berat badan agar memastikan jangan sampai kehilangan nafsu makan.

Bagi anak-anak faktor penyebab nafsu makan turun biasanya karena makanan yang di makan mengandung sayur-sayuran yang tidak membuat mereka tidak berselera. Bagi orang dewasa seringkali penyebab yang membuat nafsu makan berkurang yaitu karena kondisi yang berkaitan dengan medis.

Penyebab Kurangnya Nafsu Makan

penyebab-kurangnya-nafsu-makan

Image : Shutterstock

1. Influenza

Yang sering juga di sebut flu yaitu penyakit yang menular yang di sebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxovirydae (virus influenza). Virus ini yang seingkali menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang di timbulkan yaitu Demam, Nyeri tenggorok, Batuk, Menggigil, Nyeri otot, Kepala menjadi berat, dan rasa tidak nyaman secara umum.

2. Peradangan

Radang atau Inflamasi adalah suatu respon utama system kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Inflamasi di sebabkan  oleh factor kimia (Histamin, Bradikinin, Serotonin, Leukotrien, dan Prostaglandin) yang di lepaskan sel  yang berperan sebagai mediator radang di dalam system kekebalan yang berfungsi  melindungi jaringan di sekitar dari adanya penyebaran infeksi.

3. Demam

Suatu keadaan di saat suhu tubuh atau badan melebihi 37 derajat celcius yang bisa di sebabkan adanya penyakit atau peradangan. Demam bisa juga di sebabkan oleh Sel Darah Putih sedang bekerja melawan sebuah virus atau bakteri. Demam bisa juga di sebabkan oleh nyamuk yang biasa di sebut dengan malaria.

4. Tifus

Gejala ini biasa di sebut dengan demam Tifoid yaitu penyakit yang di sebabkan oleh bakteri  Salmonella Enterica. Bisa di sebut juga dengan penyakit Rickettsia (Typhus) yaitu penyakit yang di sebabkan oleh penyebaran kutu.

5. Malaria

Penyakit yang di sebabkan oleh parasit yang bernama Plasmodium. Penyakit ini di sebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Jika penyakit ini tidak segera di obati maka nanti akan berujung kematian.

Cara Mengatasi :

  • Menggunakan Daun Alfalfa

Suatu sistem pengobatan dengan cara tradisional cina. Pengobatan ini dapat mengatasi gangguan pencernaan dan selera makan yang buruk. Daun alfalfa ni bisa juga dibuat menjadi suplemen herbal ataupun dalam bentuk biji.

  • Menghindari minuman bersoda dan bergula

Di sinyalir bahwa minuman bersoda dan bergula ini bisa mengurangi nutrisi yang ada di dalam tubuh yang menyebabkan turunnya nafsu makan. Contoh minuman yang bergula yaitu Kopi dan Teh.

  • Memakai Vitamin

Vitamin B dan Vitamin C dapat menambah nafsu makan. Vitamin ini juga seharusnya di konsumsi secara teratur agar tidak kehilangan nafsu makan.

  • Menggunakan Temulawak

Temulawak ini sejak zaman dahulu oleh masyarakat di jadikan sebagai obat tradisional dan juga disebut bisa mengatasi masalah mengenai menambah nafsu makan.

  • Olahraga

Olahraga akan membuat detak pada jantung meningkat dan akan membakar kalori di dalam tubuh. Dengan terbakarnya kalori tersebut nafsu makan biasanya akan meningkat.

  • Tertawa

Sebuah penelitian mengatakan bahwa tertawa berpengaruh pada nafsu makan, tertawa ini di anjurkan bagi yang idak suka berolahraga.

  • Begadang

Meningkatnya sebuah mood saat akan makan menjelang tidur mempunyai dampak buruk yang akan menambah lemak dalam tubuh. Begadang bisa juga membuat nafsu makan menjadi membaik.

Baca info kesehatan khasimanfaat :

Demikian penjelasan mengenai penyebab kurangnya nafsu makan.