Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan pada bulan suci Ramadhan yang lebih baik daripada 1000 bulan. Bulan puasa yang penuh berkah dan rahmat ini sangat dinantikan oleh setiap muslim di dunia ini. Tentu, saja setiap umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan yakni dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu negatif lainnya.

Pernahkah anda berpikir bahwa bulan puasa atau bulan ramadhan ini sering dijadikan alasan untuk bermalas-malasan? Perlu kamu baca tips sebelumnya : Cara Mengatasi Lemas Saat Puasa.

Dengan menahan lapar dan haus di bulan ramadhan, maka Anda akan mendapatkan beribu-ribu manfaat yang luar biasa, serta Anda juga tentu akan memperoleh banyak pahala di kemudian hari. Namun, perlu Anda tau juga bahwa puasa ramadhan ini justru akan memberikanmu segudang manfaat bagi kesehatan yang sangat beragam dan belum diketahui sebelumnya

Sisi negatifnya, jika puasa tidak dijalankan dengan sehat dan benar malah akan menimbukan bahaya tersendiri bagi kesehatan pula. Terutama pada makanan yang Anda konsumsi ketika sahur dan berbuka yang tak Anda waspadai.

Anda perlu tahu sebuah Manfaat Bepuasa bagi Kesehatan yang mengejutkan. Yang juga akan kami bahas dalam ulasan di bawah ini.

Manfaat puasa bagi Kesehatan

Manfaat puasa bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tubuh tak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi ketika puasa. Lemak pada tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan mempengaruhi penurunan profil lipid tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Dengan berpuasa, maka secara otomatis akan membakar lemak pada tubuh. Hal ini akan menimbulkan efek penurunan berat badan bagi tubuh. Selain itu juga berpengaruh terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh.

3. Proses Detoksifikasi

Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

4. Meningkatkan Ketajaman Berpikir dan Rasa Nyaman

Hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan menimbulkan efek peningkatan ketajaman pikiran serta perasaan nyaman.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Tak dapat dipungkiri, Sakit jantung ialah penyakit yang paling mematikan. Nah, dengan berpuasa juga akan menimbulkan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dan ini mengakibatkan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Membuat Ginjal Menjadi Sehat

Ginjal memiliki kegunaan untuk menyaring zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, maka ginjal akan berfungsi secara maksimal dan mengakibatkan dampak baik bagi kesehatan ginjal.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan berpuasa, konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat dikontrol yang tentu pada akhirnya bisa mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

Demikian ulasan tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang dapat dijadikan sebagai referensi yang menarik. Perlu Anda praktekkan kegiatan berpuasa secara 1 bulan di bulan ramadhan dan berpuasa rutin di hari senin dan kamis, maka tubuh Anda akan sehat bugar.