Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Sudah sering kita menjumpai buah yang bernama Manggis dan khasiatnya, namun tidak setiap orang tahu apa manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Bukan hanya buah Manggis saja yang dapat bermanfaat untuk pengobatan, tetapi kulit buahnya juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sejak ditemukannya bahwa kulit manggis ini dapat menjadi obat, Banyak orang menjadi penasaran untuk memanfaatkan kulit manggis untuk obat. Pada bulan April 1993 Munekazu Linuma mengumpulkan kulit Manggis di Indonesia, lalu kulit Manggis diterbangkan ke Universitas di jepang. Di Jepang, Kenji Matsumoto dkk dan Munekazu linuma melakukan penelitian terhadap khasiat kulit manggis. Hasil penelitian oleh Kenji Matsumoto ini mendapatkan perhatian di kalangan ilmuwan dan pakar kesehatan tentang Manggis.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat kulit manggis juga diteliti oleh oleh peneliti Indonesia yaitu Dr. Agung Endro Nugroho. Berdasarkan penelitian Nugroho diperoleh hasil bahwa kulit manggis mengandung senyawa xanthone dan Xsanthone.

Kandungan yang terdapat di dalam kulit manggis yaitu sebagai berikut.

  • Alfamangostin
  • Beta Mangostin
  • Flavonoid Epicathecin
  • Gartanin
  • Garcinon B
  • Mangostanol
  • Mangostenol
  • Mangostin
  • Mangostinon A
  • Mangostinon B
  • Tavophylin
  • Trapezifolixhantone

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Berikut ini berbagai khasiat kulit manggis untuk pengobatan dan kesehatan tubuh.

1. Anti Kanker

Alpha Mangostin pada kulit Manggis memiliki efek paling kuat yang efektif untuk mematikan sel-sel kanker. Tidak hanya itu, senyawa Garcinone E juga dapat menumpas kanker terutama pada kanker paru-paru dan kanker payudara.

2. Pengobatan Penyakit Jantung

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan Alfamangostin meningkat dan aktivitas enzim lipoprotein lipase untuk menghidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol. Dari situ akan memberikan LDL turun kemudian HDL naik dan pembuluh darah pun akan menjadi lentur kemudian akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi itu.

3. Mengobati Sariawan

Sariawan disebabkan oleh kurangnya asupan Vitamin C yang ada di dalam tubuh sehingga akan memicu terjadinya sariawan dan panas dalam. Nah, kabar baiknya yakni pada kulit manggis mengandung Vitamin C tinggi sehingga dapat menyembuhkan sariawan ringan hingga parah.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan Flavonoid yang ada dalam kulit manggis ampuh untuk menyehatkan otak. Penyakit Dimensia dan Alzheimer serta faktor terjadinya kerusakan system saraf pada otak akan memicu penyakit Parkinson. Penyakit ini dapat dicegah dengan menggunakan kulit manggis karena kulit manggis mengandung Antioksidan yang mampu mencegah penyaki tersebut.

5. Mencegah Batu Ginjal

Antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis dapat mencegah batu ginjal. Selain itu, kulit manggis juga dapat membantu pengeluaran air seni sehingga kita akan terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Tentu saja hal ini akan kita peroleh jika kita mengkonsumsi kulit manggis secara rutin dan secukupnya.

6. Diabetes

Kulit manggis juga dapat dijadikan untuk mengobati diabetes. Caranya yaitu dengan menggunakan 2 kulit manggis ambil bagian yang lunak dan buang bagian yang keras lalu remas kulit manggis dengan air hangat kemudian minum airnya setiap sehari 2x.

7. Meningkatkan Imunitas

Sistem kekebalan sangat penting bagi tubuh kita. Sebab jika sistem kekebalan tubuh lemah maka kita akan rentan terkena penyakit. Antioksidan yang terdapat pada kulit manggis dapat menghilangkan berbagai virus dan bakteri yang masuk ke tubuh kita.

Oleh sebab itulah kita tidak dapat mengabaikan kulit buah manggis. konsumsilah kulit manggis ini secara teratur agar dapat bermanfaat bagi tubuh dan menyehatkan tubuh serta menyembuhkan berbagai penyakit. Sekarang sudah banyak yang menjual kulit manggis yang sudah diekstrak dan lebih praktis untuk mengonsusmsinya. Karena mereka tahu banyak manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh manusia.