Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya untuk kesehatan akan terasa bagi yang sudah mengkonsumsinya. Khasiat daun pepaya sudah diakui oleh dunia kesehatan herbal karena sanggup mengobati berbagai penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya orang kurang memperhatikan daun pepaya dibandingkan buah pahaya. Padahal ada banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh manusia. Mungkin bagi seseorang daunnya sering dianggap remeh dan tidak hanya itu bisa saja seseorang membuang daunnya dan menghiraukan manfaatnya. Tetapi bagi seseorang yang tahu akan manfaatnya pasti akan diambil dan dikonsumsi sebagai makanan herbal untuk obat tradisional.

Diberbagai penjuru daerah di Indonesia terdapat beberapa makanan yang terbuat dari bahan daun pepaya, contohnya di Jawa Barat dengan hidangan lalapan. Lalu di Yogyakarta dikenal dengan menu Buntil, masakan ini sangat gurih dengan sedikit pedas dan terbuat dari Daun Pepaya yang muda di gulung kemudian di dalamnya berisi parutan kelapa dan di tambahkan ikan.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Gambar Daun Pepaya (Credit to artikelensi)

Daun Pepaya mengandung zat papain yang sangat tinggi, zat inilah yang mengakibatkan Daun Pepaya memiliki rasa yang sangat pahit. Tidak hanya itu dalam Daun Pepaya mengandung zat yang dapat berfungsi sebagai obat cacing, yaitu zatĀ  Carposide.

Dalam Daun Pepaya terdapat kandungan yaitu sebagai berikut.

  • Air
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Besi
  • Fosfor
  • Carposide
  • Papain
  • Karpain

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Dalam batang Daun Pepaya mengandung dan bersifat Anti kanker, maka dari itu penderitaa penyakit kanker sangat di sarankan untuk mengonsumsinya agar kanker yang diderita dapat memberikan efek yang sangat baik.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi akan mengakibatkan seseorang menjadi stroke, karena kadar darah yang sangat tinggi akan menimbulkan efek bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu di sinilah manfaat Daun Pepaya sebagai menstabilkan tekanan darah anda yang sedang tinggi.

3. Menangkal Radikal Bebas

Didalam Daun Pepaya terdapat senyawa yang akan di ubah menjadi Antioksidan yang mampu menangkal dari serangan Radikal bebas. Jika seseorang terkena virus-virus atau bakteri-bakteri yang mengakibatkan seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, di sarankan untuk mengonsumsi Daun Pepaya agar terhindar dari yang namanya radikal bebas.

4. Melancarkan Pencernaan

Dalam proses pencernaan akan mengalami sebuah penyumbatan yang di akibatkkan oleh kurangnya asupan serat di dalam tubuh, dan kemudian akan menimbulkan seseorang mengalami masalah sembelit. Hal inilah peran dari Daun Pepaya yang akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar.

5. Mengobati Demam Berdarah

Jika penyakit DBD tidak segara di obati maka akan terjadi efek yang sangat fatal bagi seseorang. Bila seseorang terserang penyakit ini dapat segara di obati dengan cara memanfaatkan Daun Pepaya sebagai obat alternative di saat kita sedang di daerah yang rumah sakitnya berada sangat jauh dan sulit dijangkau.

6. Nyeri Haid

Sebagian wanita yang mengalami haid mengalami rasa nyeri yang sangat tidak tertahankan. Hal ini sangat mengganggu tubuh dan menyebabkan seseorang akan mengalami emosi yang tak terkontrol. Tetapi jangan khawatir Karena ada cara yang sangat efektif yaitu dengan mengkonsumsi daun pepaya.

7. Melancarkan ASI

Dari dulu sampai sekarang Daun Pepaya dipercaya dapat memperlancar ASI. Pada ibu-ibu saat setelah melahirkan terkadang ada juga yang mempunyai masalah dengan ASI yang menjadi tidak lancar, tetapi dengan daun Pepaya ini bisa menjadikan ASI menjadi lancar kembali.

Baca juga khasimanfaat:
Khasiat daun sirih
Manfaat Minum Air Putih
Manfaat masker tomat

Dalam rasa pahit yang dihasilkan oleh daun pepaya ternyata mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Jadi sekarang janganlah anda mengeluh dengan rasa pahitnya, karena di setiap rasa yang dihasilkan terdapat bermacam-macam khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya.