Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat Bunga Kamboja – Bunga Kamboja sering kita jumpai di daerah yang berbau religi yaitu di daerah pemakaman atau yangbberbau religi lainnya. Bunga ini pertama kali di temukan oleh botanis yang berkebangsaan Prancis bernama Charles Plumier, yang kemudian di jadikan sebagai nama ilmiahnya yaitu Plumeria. Dan nama lain dari bung ini yaitu Plumeria Acuminate W.T.Ait.

Bunga ini ternyata berasal dari negara Amerika Tengah, Colombia, Venezuela, Cuba, Meksiko, dan Equador, oleh karena ini bunga ini bukan sesuai dengan namanya yaitu kamboja dan asalnya tidak ada kaitannya dengan negara kamboja. Bukan hanya di buat tanaman hias di taman, Bunga ini juga bisa di buat sebuah makanan ringanyaitu sebagai tempura bunga.

Sampai sekarang belum di ketahui sejak kapan bunga ini dating ke Indonesia tetapi ada suatu hal yang menerangkan bahwa Bunga Kamboja ini di bawa oleh bangsa belanda dan portugis, karena bangsa ini menyukai iklim yang tropis dan peduli akaan lingkungan. Bunga ini tumbuh di dataran yang rendah yaitu dalam ketinggian 700 meter, dn tidak memungkinkan juga tanaman ini juga dapat tumbuh di berbagai tempat.

Beberapa senyawa yang terdapat dalam Kamboja adalah sebagai berikut.

  • Plumierid
  • Agoniadin
  • Asam sirotenat
  • Asam plumerat
  • Lipeol

Dalam getahnya terdapat kandungan kimia yaitu.

  • Asam plumeira C10H10O5
  • Damar

Dalam kulitnya juga terdapat Zat yang sangat beracun.

Adapun pada akar dan daunnya terdapat senyawa yaitu:

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Alkaloid

Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat Bunga Kamboja

a. Sebagai Anti Radang

Kandungan Flavonoid ini dapat juga di pakai untuk dijadikan sebagai obat anti peradangan karena peradangan di sebabkan oleh radikal bebas. Kandungan flavonoid ini di ambil dari sari bunga kamboja yang akan menghasilkan etanol. Etanol inilah yang akan di pakai sebagai senyawa yang menghasilkan sebagai anti radang.

b. Sebagai Obat Antibiotik

Alkaloid, Tanin, Triterpenoid, dan Flavonid yang terdapat di dalam getah bunga Kamboja akan menjdi Antibiotik yang sangat ampuh untuk mengobati luka yang disebabkan pada waktu seseorang mengalami jatuh yang mengakibatkan ada luka yang terbuka.

c. Sebagai Obat Kencing Nanah

Penyakit menular yang di sebakan oleh gaya hidup yang bebas atau seksual akan menimbulkan efek terjadinya penyakit yang beranama kencing nanah. Hal ini dapat diobati dengan cara merebus bagian akarnya dan kemudian di minum secara bertahap.

d. Mengobati Penyakit Frambusia atau Patek

Penyakit Frambusia adalah penyakit kulit yang sangat menular. Timbulnya penyakit ini di tandai dengan timbulnya bintil-bintil kecil yang berdekatan letaknya. Pada saat mengering akan timbul kerak yang membekas dan dengan di sertai sakit kepala dan nyeri pada sendi. Hal ini dapat diobati dengan cara mengambil kulit batang kamboja kemudian di rebus dan airnya di buat mandi atau berendam.

e. Mengobati Borok

Borok atau borokan sangat jijik dilihat. Luka borok jangan dibiarkan kecuali jika anda tidak peduli pada lingkungan sekitar. Teman-teman anda dapat saja menjauhi anda karena ada luka borok anda yang tidak diobati. Untungnya luka borok dapat diobati secara alami dengan mengoleskan getah kamboja ke bagian yang terkena borok tersebut.

f. Tumit Pecah-Pecah

Tidak sering kita jumpai pada tumit seseorang mengalami pecah-pecah. Hal ini akan mengakibatkan seseorang memiliki percaya diri yang kurang. Dengan getah kamboja ini dapat menghilangkan pecah-pecah pada  tumit dan akan menimbulkan rasa percaya diri yang lebih.

g. Sebagai Teh Bunga Kamboja

Tak hanya terkenal sebagai obat tradisional, bunga Kamboja juga bisa di buat menjadi teh. The yang di hasilkan dari bunga Kamboja ini dapat memberikan efek positf pada system pencernaan, tidak hanya itu teh ini juga bisa memberikan efek tenang dan adem.

Simak Manfaat Lainnya:

  1. Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar
  2. Manfaat dan Khasiat Bunga Melati
  3. Manfaat Masker Lidah Buaya

Jadi mulai sekarang janganlah takut untuk mengonsumsi bunga Kamboja ini, karena di dalamnya terkandung berbagai manfaat yang akan menyehatkan maupun sebagai obat tradisional alternatif.