Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat yang termasuk tanaman umbi-umbian. Bang putih juga sudah sangat terkenal di berbagai dunia. Manfaat yang paling utama adalah daat mencegah kanker. Tetapi karena aroma yang sangat menyengat bawang putih jarang dikonsumsi secara langsung, biasanya dibuat bumbu untuk masakan sehingga kita hanya dapat mengkonsumsi sedikit bbawang putih.

Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita adalah:

Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih

1. Digunakan untuk Obat

Kandungan allicin yang berada di dalam bawang putih dapat digunakan sebagai obat, allicin ini adalah salah satu komponen biologis aktif yang sangat penting dan sangat besar kandungan di dalam bawang putih. allicin merupakan zat anti bakteri yang memiliki efek penting untuk menurunkan berat badan, mengecerkan darah, zat anti kanker, antioksidan dan anti bakteri. Zat ini sangat besar peranannya dan membawa manfaat yang benar-benar tiada duanya.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih sudah teruji dan telah banyak riset yang mengeluarkan fakta jika bawang putih memang efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%.

3. Menjaga Tubuh dari Berbagai Penyakit Berbahaya

Menghindari kanker, penyakit pembunuh yang paling utama di dunia, mengurangi tekanan darah tinggi, terhindar dari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL di dalam darah, dan anti oksidan, anti bakteri, dan anti virus.

4. Efektif untuk Kecantikan Kulit

Manfaat bawang putih juga berpengaruh ke kulit, memberikan manfaat sebagai pembersih komedo, obat jerawat, dan menghilangkan noda bekas luka.

5. Menghilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi terjadi karena bakteri yang terdapat di dalam gigi. Sifat anti virus ini dan juga bakteri yang ada di dalam bawang putih mampu membasmi dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang mampu mengatasi sakit gigi anda.

6. Meningkatkan Megtabolisme Zat Besi

Bawang putih bisa meningkatkan produksi protein sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar di dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

7. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Kerusakan oksidatif terjadi karena radikal bebas yang berperan pada proses penuaan dini. Tapi bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Suplemen bawang putih terbukti meningkatkan enzim antioksidan terhadap manusia, juga secara signifikan mampu mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi. Manfaat gabungan seperti tekanan darah, pengurangan kolesterol serta sifat antioksidan mampu membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit demensia dan penyakit alzheimer.

8. Sumber Antivirus, Antioksidan yang Ampuh

Khasiat yang sangat populer bawang putih ini adalah sebagai sumber antioksidan yang kaya dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya untuk sekedar mencegah namun juga sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung di dalam bawang putih mampu mencegah perkembangan bakteri, ragi, jamur, dan virus serta cacing di dalam tubuh.

9. Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan memang dibutuhkan oelh tubuh, sangat tinggi kandungan vitamin C dan kalsium serta yang besi nya. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tapi bawang putih ini tidak mengandung nutrisi yang berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan juga kalori.

Tips Sehat Lainnya :

Penyajian bawang putih yang bisa anda jadikan alternatif untuk dinikmati bagi kesehatan anda adalah bisa dengan cara di tumis, di buat sambal, di campur kecap, atau bisa dimakan secara langsung yang memberi efek bagus.

Sekian artikel manfaat bawang putih ini dan semoga bermanfaat. Terimakasih.