Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC – Penyakit TBC yang merupakan singkatan dari Tuberkolusis adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam jenis strain mikobakteria, namun pada umumnya berasal dari Mycobacterium tuberculosis (disingkat “MTb” atau “MTbc”). TBC sudah dikenal sebagai salah satu penyakit menular serta banyak dalm beberapa kasus bersifat cukup mematikan.

Perlu diketahui bahwa Tuberkulosis sering kali menyerang organ paru-paru, tetapi juga dapat berdampak langsung bagian organ tubuh lainnya. Penyakit Tuberkulosis bisa menyebar melalui udara, khususnya ketika ada seseorang yang sudah infeksi TB aktif batuk, bersin, maupun menularkan lewat butiran ludah. Jadi patut waspada ketika Anda sedang berkomunikasi dengan seseorang yang sudah terkena penyakit ini. Menurut penelitian Tuberkulosis yang tidak mendapat penanganan khusus dan diobati diperkirakan sekitar lebih dari 50% penderitanya akan meninggal.

Jadi penting bagi Anda untuk segera mengetahui apa saja gejala-gejala TBC agar dapat segera berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini beberapa contoh gejala-gejala seseorang yang telah terinfeksi penyakit TBC:

Gejala Penyakit TBC

Gejala Penyakit TBC

  • Gejala yang sangat umum terjadi pada penderita penyakit TBC adalah batuk yang terus menerus. Biasanya seseorang yang sakit batuk karena virus biasa bakal sembuh dengan sendirinya dan paling lama mungkin hanya sekitar waktu 2 sampai 3 minggu. Berbeda dengan batuk akibat penyakit TBC yang sangat sulit untuk sembuh padahal penderita sudah minum obat pereda batuk.
  • Seorang penderita TBC bakal mengalami penurunan berat badan yang tidak disengaja alias bukan karena diet. Jadi apabila Anda sedang tidak melakukan diet maupun perubahan pola hidup untuk penurunan berat badan namun malah mengalami penurunan berat badan, Anda wajib mewaspadai apakah sedang terserang suatu penyakit atau tidak. Mengapa? pada umumnya TBC (Tuberkulosis) akan menyebabkan seseorang tidak memiliki nafsu makan, dan inilah yang membuat penderita mengalami penurunan berat badan.
  • Penderita TBC akan mengalami rasa lelah, lemah, menggigil seperti hipotermia, dan yang paling sering adalah berkeringat di malam hari. Padahal mungkin kondisi udara dingin dimalam hari, tetapi sang penderita TBC malah berkeringat.
  • TBC yang telah menyerang paru-paru dan sudah cukup akut tentu akan menyebabkan reaksi yang mengerikan yakni batuk darah dan ditambah dengan rasa sakit didada. Rasa sakit yang muncul ini bahkan terjadi saat penderita sedang bernafas atau sedang batuk. Dan tahukah Anda bahwa batuk atau bersin dari penderita TBC yang menyebar di udara akan dipenuhi droplet yang didalamnya banyak sekali mengandung bakteri.
  • Warna Urin penderita TBC akan berubah menjadi seperti kemerahan atau mungkin sedikit keruh. Ciri gejala ini biasanya terjadi ketika penderita sudah dalam tahap kondisi yang lebih lanjut.
Gejala Penyakit Diabetes Penyebab Timbulnya Nyeri Dada
Gejala Penyakit Liver Gejala Penyakit Tipes

Selain dari Gejala Penyakit TBC ini, Anda juga perlu untuk mengetahui gejala gejala penyakit lainnya seperti : gejala penyakit maag, gejala penyakit ginjal, dan gejala penyakit hepatitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *