Gejala Penyakit Maag

Gejala Penyakit Maag – Maag adalah salah satu penyakit yang banyak diderita. Maag sendiri juga merupakan sebutan lain dari radang lambung atau tukak lambung. Penyakit akan menyerang lambung ketika terjadi luka maupun terjadi peradangan pada organ lambung. Inilah yang akhirnya membuat munculnya rasa sakit, mulas, serta rasa perih pada perut.

Menurut medis, sakit maag yang bisa disebut juga dengan gastritis diartikan dengan kumpulan gejala (sindrom) rasa sakit atau rasa tak nyaman di ulu hati, saluran pencernaan bagian atas dan organ disekitarnya. Gejala yang ikut menyertai diantaranya yakni kembung, cepat kenyang, mual, kurang nafsu makan, bahkan hingga muntah dan diare. (Sebelumnya Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat)

Pada kondisi yang sudah parah, rasa sakit pada perut bisa terasa tidak tertahankan. Penyebabnya penyakit maag bisa bermacam-macam, namun pada umumnya penyakit ini muncul karena penderita makan dengan tidak teratur, pola makan yang tidak sehat, terdapat mikroorganisme yang merugikan menyerang lambung, mengonsumsi obat-obatan tertentu yang tidak cocok, atau bisa juga muncul akibat penggunaan alkohol, pola tidur yang berlebihan dan bisa juga karena stress.

Gejala Penyakit Maag

Gejala Penyakit Maag

Berikut ini adalah gejala-gejala penyakit maag yang sering muncul pada penderita:

  • Pada bagian perut akan terasasa seperti panas, bengkak, nyeri, akut yang terjadi pada organ dari lambung. Maag semacam ini sudah bisa dikatakan sebagai maag akut.
  • Sakit saat buang air besar sudah menjadi gejala umum pada penderita penyakit maag.
  • Rasa sakit yang muncul dan bisa berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam saja. Namun rasa sakit tersebut bisa datang lagi dan hilang atau pergi begitu saja. Kebanyakan penderita sering merasakan bahwa serangan sakit menjadi lebih buruk ketika malam hari apalagi ketika perut dalam keadaan kosong. Solusinya tentu adalah dengan makan makanan tertentu dan juga meminum obat yang dianggap efektif untuk mengurangi asam dalam perut.
  • Muntah darah serta asam dari dalam perut adalah salah satu tanda dari permasalahan lambung. Inilah gejala dari penyakit maag yang cukup menyiksa.
  • Anda harus melihat kotoran (feses) Anda. Periksalah karena untuk penderita tukak lambung atau maag, tinja bisa memiliki warna yang pekat hitam atau bahkan kadang seperti berdarah. Segera atasi jika memang hal ini terjadi. Maag yang sampai berdarah bila tidak diobati secara serius bisa menyebabkan penyakit anemia serta berbagai komplikasi lainnya.

Selain itu, ada pula perihal makanan penyebab penyakit maag yaitu sebagai berikut.

Makanan Penyebab Penyakit Maag

  1. Minuman Bersoda
  2. Cokelat
  3. Makanan Gorengan
  4. Minuman Beralkohol
  5. Produk Olahan Susu
  6. Kafein
  7. Daging

Ketahui juga Gejala Penyakit lainnya :

Maag memang dapat disembuhkan namun menurut berbagai sumber referensi penyakit ini tidak bisa sembuh total. Maag menjadi penyakit yang ternyata bisa muncul alias kambuh apabila si penderita melakukan beberapa kesalahan seperti tidak makan teratur, terlalu banyak makan, maupun dengan sebab lain. (Makanan yang Membuat Awet Muda) Bagi Anda yang belum mengalami maag tentu ada banyak hal yang efektif untuk mencegahnya, yaitu dengan makan lebih teratur, makan secukupnya atau tidak terlalu banyak, cuci tangan sebelum makan dan hindari makanan pedas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *