Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang cukup penting keberadaannya. Ya, Ginjal adalah organ yang memiliki pembuluh darah yang sangat banyak (sangat vaskuler) dengan fungsi atau tugas secara khusus adalah untuk menyaring serta membersihkan darah dari toxic (racun).

Tidak hanya itu saja Ginjal juga menjadi organ tubuh yang efektif unuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, organ yang sanggup memproduksi hormone yang nantinya menjadi pengontrol tekanan darah, serta sebagai organ produksi hormone erythropoietin dimana fungsinya adalah membantu pembuatan sel darah merah. Sudah tentu kita harus peduli dengan kesehatan dan kondisi Ginjal kita karena sudah santer terdengar bahwa penyakit Ginjal amat sangat mengerikan bagi penderita.

Penyakit Ginjal tentu merupakan suatu kondisi ketika fungsi Ginjal mulai menurun secara bertahap dan sudah tidak efektif mengerjakan tugas seperti yang dijelaskan diatas. Dan tahukah Anda bahwa penyakit Ginjal kronis ternyata diperkirakan sudah diderita sekitar 10% populasi dunia. Kenali gejala penyakit Ginjal, berikut gelaja yang sering terjadi:

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal

  • Salah satu gejala penyakit Ginjal adalah lekas capai atau lemah, tidak seperti biasanya. Hal ini bisa diakibatkan karena kotoran tidak bisa dibuang oleh Ginjal.
  • Kedua adalah air kencing yang menjadi berubah warna, terkadang berbusa, atau menjadi sering bangun malam untuk kencing.
  • Mengalami bengkak pada areakaki, pergelangan, tangan, maupun bagian muka. ( Baca : Cara Merawat Muka). Hal ini bisa terjadi disebabkan karena Ginjal tidak dapat membuang air dan toxic yang berlebih karena penurunan fungsi.
  • Kadang-kadang bisa terjadi sesak napas. Hal ini bisa diakibatkan karena air mengumpul pada organ sekitar paru-paru. Keadaan sesak nafas semacam ini sering kali disalahartikan sebagai komplikasi penyakit asma maupun kegagalan jantung.
  • Nafas yang menjadi bau, padahal perut dalam keadaan sudah makan dan sikat gigi. Hal ini bisa terjadi karena adanya kotoran yang mengumpul di rongga mulut dan membuat nafas bau tidak sedap.
  • Penderita penyakit Ginjal sering kali kehilangan nafsu makan, mual, dan mengalami muntah-muntah. Baca : Cara Menambah Nafsu Makan.
  • Beberapa gejala diatas mungkin kurang terlalu mengerikan ketimbang gejala munculnya darah dalam urin.

Ketahui juga :

Jadi bagi seseorang sudah merasakat gejala penyakit ginjal, tentu harus memperbaiki pola hidup lebih tepat. Anda harus tetap berolahraga teratur kemudian makan dengan porsi yang sewajarnya. Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan program diet ketat rendah protein tetapi dengan kalori yang cukup. Pastinya para ahli juga menganjurkan penderita penyakit Ginjal untuk berhenti merokok sama sekali.

Sementara itu, Anda juga perlu mengetahui apa itu Penyakit Gagal Ginjal, Penyakit Gagal Ginjal Akut, dan Penyakit Gagal Ginjal Kronik. Penyakit Gagal Ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang mana ginjal menjadi turun fungsinya yang berakibat pada ginjal yang kurang mampu bekerja dengan baik untuk menyaring elektrolit tubuh, dan menjalankan fungsi yang lainnya.

Penyakit Gagal Ginjal Akut (GGA) adalah sebuah penyakit gagal ginjal yang mana ditandai pada seseorang yang mengalami penurunan fungsi ginjal secara mendadak dari sebelumnya yang masih berfungsi secara normal. Kemudian, Penyakit Gagal Ginjal Kronik ( GGK ) adalah sebuah diagnosa kedua setelah GGA. Yang mana terjadi fase-fase peningkatan keparagan dari tahap 1 sampai 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *