Gejala Penyakit Diabetes

Gejala Penyakit Diabetes penting untuk anda ketahui. Penyakit diabetes menjadi penyakit yangsering diperbincangkan saat ini. Ya, diebetes melitus atau biasa disebut dengan istilah penyakit kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan metabolik yang timbul oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin maupun ketidakmampuan tubuh manusia untuk memanfaatkan Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis serta juga bisa karena gangguan metabolisme kandungan karbohidrat, lemak maupun protein. Saat ini dikenal dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana tanda dan gejala klasik dari penyakit diabetes yang sering muncul, diantaranya adalah menurunnya berat badan secara drastis, mengalami polyuria (sering berkemih), mengalami polydipsia (sering haus), serta polyphagia (sering lapar). Gejala-gejala diabetes semacam ini tentu akan berkembang sangat cepat bahkan hanya dalam waktu beberapa minggu maupun beberapa bulan saja. Inilah klasifikasi gelajar penyakit diabetes tipe 1.

Lalu bagaimana dengan gejala diabetes tipe 2? Sangat aneh, karena untuk tipe 2 terkadang atau bahkan lebih sering berkembang jauh lebih lambat ketimbang tipe 1.  Menurut beberapa penelitian penderita bahkan sama sekali tidak merasakan gejala signifikan. Adakah gejala lain dari diabetes? Sebenarnya ada banyak namun tidak semua merasakannya. Sebagai contoh adalah soal pandangan mata yang akan kabur, mengalami sakit kepala, fatigue, penyembuhan luka yang sangat lambat (luka sulit sembuh) dan mengalami gatal-gatal berlebihan.

Gejala Diabetes

Mengapa bisa berpengaruh pada organ mata? Tentu karena pada tingkat glukosa darah yang tinggi dan lama bisa menyebabkan penyerapan glukosa ke bagian organ lensa mata. Inilah yang akhirnya menyebabkan perubahan bentuk organ, kemudian yang paling dirasa adalah perubahan ketajaman penglihatan mata. Kemudian timbulnya rasa gatal-gatal karena penyakit diabetes sering dikenal sebagai diabetic dermadromes. Efek ini sebenarnya adalah karena sirkulasi darah yang tidak normal. Selain gatal-gatal diabetes juga memungkinkan kelenjar keringat mengalami disfungsional, akibatnya membuat kulit luar menjadi seperti bersisik, kering, sampai terkena iritasi.

Dari segala efek dan gejala diatas, yang sebenarnya lebih mengerikan adalah terjadinya Ulcers pada kaki. Inilah salah satu komplikasi umum yang sering terjadi pada seorang penderita diabetes.Jika Anda belum mengetahui apa itu Ulcers, ini adalah luka sering disebut dengan istilah koreng yang akan sangat terasa sangat nyeri dan menyakitkan. Dalam bidang kedokteran, bila penderita diabetes sudah mengalami Ulcers maka salah satu solusi terbaik adalah harus dilakukan amputasi. Ulcer sendiri merupakan komplikasi lanjut dari gangrene kering maupun basah.

Mengerikan bukan? Maka dari itu, pastikan Anda memelihara kesehatan dengan tepat untuk menghindari diabetes. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, rutin berolahraga, jaga berat badan yang ideal, hindari rokok dan banyak minum air putih. Juga jangan lupa ,, untuk baca cara pencegahan,, baca : Cara Mencegah Penyakit Diabetes