Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Cara Mengatasi Bayi Cegukan yang baik dan benar. Adakalanya bayi mengalami cegukan yang membuat orang tua merasa cemas pada bayi. Cegukan ini bukan sebuah penyakit atau apa melainkan disebabkan karena marah, menangis atau saat menyusui. Jadi Bunda tidak perlu terlalu khawatir. Tapi kadang ada cegukan yang mengakibatkan muntah, batuk-batuk, rewel dan kondisi yang tidak bisa dikendalikan. Maka dari itu di bawah ini adalah cara mengatasi bayi yang cegukan :

Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

1. Pijat Bagian Belakang

Biasanya cara menenangkan bayi dengan cara menggosok-gosok punggung bayi bisa membuat bayi merasa lebih nyaman dan bisa menghilangkan cegukannya.

2. Peluk Bayi

Dekap dan peluklah si kecil dengan lembut, karena kadang- kadang kenyamanan yang didapatkan akan membuat cegukannya menghilang dalam beberapa menit.

3. Berhenti Makan saat Cegukan

Saat bayi makan atau menyusui tetapi tiba-tiba cegukan, berhentilah menyusui dan memberikan makan. Karena bisa mengakibatkan muntahnya bayi, frustasi, dan reweel. Lanjutkan makannya saat cegukan sudah berhenti.

4. Beri Bayi Makan yang Teratur

Jangan sampai bayi kelaparan dan perutnya banyak mengandung gas, cegukan bisa terjadi karena masalah di perut si kecil. Jadi usahakan memberinya makan secara teratur. Biasanya kalau bayi cegukan dengan mengeluarkan muntahan berarti terjadi masalah dilambungnya. Jika sudah terjadi hal seperti itu segeralah periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang benar.

5. Sendawakan Bayi Setlah di Beri Susu

Setelah memberikan ASI kepada si kecil, usahakan untuk membuatnya sendawa dengan cara menepuk punggungnya.

6. Ubah Posisi Menyusui

Terjadinya cegukan juga karena seringkali saat menyusui udara juga ikut masuk ke dalam mulut bayi. Maka dari itu ubah posisi saat menyusui dan perbaikki posisi menyusui supaya si kecil tidak lagi memasukkan udara bersamaan dengan ASI. Jika bayi masih cegukan hentikan proses menyusui karena akan tersedak.

7. Beri Botol Susu yang Tepat untuk Bayi

Apabila bayi anda minum susunya dengan botol, maka perlu diketahui dan diperhatikan apakah botolnya mempunyai regulator dan juga lubang pada dot bayi. Lebih baik anda memilih botol yang lubang dotnya lebih kecil supaya bayi dapat mengatur ritme saat meminum susunya agar tidak terjadi cegukan.

8. Hentikan Proses Menyusui

Jika anda sudah mengubah posisi yang baik tapi bayi anda masih cegukan, sebaiknya hentikan proses menyusui tersebut. Sandarkan bayi tegak menghadap anda dengan kepala bayi pada bahu anda, lalu tepuk-tepuk dengan lembut bagian punggungnya seperti cara anda saat ingin membuatnya bersendawa. Cara seperti bisa mendorong udara dari diafragma ke atas dsn bisa menghentikan cegukan bayi. Apabila cegukan sudah berhenti, anda bisa melanjutkan untuk menyusui si kecil.

9. Berikan Makan Sedikit Demi Sedikit

Apabila si bayi sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI, lebih baik anda memberi makan sedikit demi sedikit serta perlahan-lahan supaya tidak terjadi cegukan.

Berikanlah perlakuan khusus untuk si kecil saat mengalami cegukan karena akan menghilangkan cegukan dengan cepat. Memperhatikan cara memberinya ASI dan makan dengan baik dan teratur pasti akan meminialisir terjadinya cegukan yang tidak anda inginkan.

Karena dengan tidak menimbulkan adanya cegukan pada bayi bisa membuat kenyamaan bagi bayi dan Ibunya juga tidak khawatir serta keadaan akan lebih baik pastinya. Kebanyakan Ibu muda yang baru saja memiliki momongan akan sangat panik dan khawatir saat bayi mereka yang tiba-tiba cegukan. Dengan adanya artikel cara mengatasi bayi yang cegukan ini semoga bisa menghilangkan rasa panik dan khawatir Bunda pada bayinya dan semoga bisa bermanfaat untuk pembacanya. Terima kasih